EDUKASI VIRUS COVID-19 SERTA PNGENALAN LITERASI KEUANGAN MELALUI PROGRAM KKN UNTUK MEWUJUDKAN DESA KEDUNGRUKEM SIGAP, CERDAS DAN SEHAT

  • Hilda Rodhotul Ainiyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ernawati Ernawati Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Corona virus Disease-2019 (COVID-19) diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Persebaran virus COVID-19 meningkat semakin cepat melalui tetesan air liur atau keluar dari hidung ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Akan tetapi, masih sangat minim pemahaman dan kesadaran masyarakat di Desa Kedungrukem Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik yang mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah. Lokasi tersebut merupakan padat penduduk.  Oleh karena itu, perlunya peningkatan pemahaman COVID-19 dan pentingnya mematuhi protokol kesehatan penanggulangan COVID-19. Berdasakan permasalahan tersebut, penulis melakukan pengabdian pada masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UMG Era Covid-19. Kegiatan yang dilakukan dengan metode Edukasi COVID-19 secara online Kepada Masyarakat Desa Kedungrukem. Pada program KKN ini dilakukan pembagian masker, pembagian banner tentang bahaya dan cara pencegahan COVID19, edukasi tentang pentingnya menabung dimasa Pandemi COVID19, pembuatan pembukuan laporan keuangan untuk Karangtaruna Dusun Bulak Ploso serta edukasi protokol kesehatan di lingkungan Desa Kedungrukem secara virtual. Telah berhasil disalurkan sebanyak 75 masker, 1 banner tentang bahaya dan cara pencegahan COVID19, video edukasi tentang menabung dan cara pencegahan COVID19.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 31, 2021
How to Cite
RODHOTUL AINIYAH, Hilda et al. EDUKASI VIRUS COVID-19 SERTA PNGENALAN LITERASI KEUANGAN MELALUI PROGRAM KKN UNTUK MEWUJUDKAN DESA KEDUNGRUKEM SIGAP, CERDAS DAN SEHAT. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 1027-1039, aug. 2021. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/3020>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i3.3020.