PEMBERDAYAAN PARA PEMUDA DALAM PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) TEMULAWAK (Curcuma Xanthorhiza) MENJADI OLAHAN ICE CREAM DI DESA SAMBOGUNUNG

  • Ainanda Al Fatina Mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nurtalitha Alifia Rochma Mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nadhifah Salsabilah Mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Christiana Siska Sari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Amalia Rahma Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Salah satu program yang dapat dilaksanakan oleh masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga, khususnya di bidang pangan adalah program penanaman dan pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA). TOGA adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Penanaman TOGA dapat dilakukan di pot atau di lahan sekitar rumah. Desa sambogunung adalah salah satu desa di Kecamatan Dukun yang umumnya masyarakat di wilayah tersebut masih belum memahami khasiat dan cara pembuatan obat herbal dari TOGA. Oleh karena itu perlu dilakukan sosialisasi/penyuluhan tentang khasiat dan cara pembuatan obat herbal dari TOGA sehingga masyarakat dapat memiliki pengetahuan tentang khasiat dan cara pembuatan obat herbal dari TOGA. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat desa sambogunung, Target sasaran berjumlah 20 orang dalam satu kelompok . Tujuan dari pengabdian masyarakat ini diharapkan setelah mengikuti sosialisasi Ketua kelompok mampu memahami dan mau memberikan motivasi kepada anggota kelompoknya tentang pentingnya penanaman TOGA.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 1, 2021
How to Cite
AL FATINA, Ainanda et al. PEMBERDAYAAN PARA PEMUDA DALAM PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) TEMULAWAK (Curcuma Xanthorhiza) MENJADI OLAHAN ICE CREAM DI DESA SAMBOGUNUNG. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 801-810, june 2021. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/2666>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i2.2666.