MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK DENGAN PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS MELALUI PENERAPAN “SENSORY PLAY” DI KB PUSPA GIRI INDRO

  • Ika Ainun Munzilin Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Riska Widiyanita Batubara Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Anak usia dini merupakan kelompok usia yang berada dalam proses perkembangan unik kerena proses perkembangannya. Dimana perkembangan otak anak sangat pesat atau bisa disebut sebagai masa Golden Age Anak usia dini juga merupakan masa terpenting pada untuk mengasah indra dan melatih otot-otot mereka. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar di KB Puspa Giri Indro masih menggunakan sistem belajar dengan menggunakan LKS yang menjadi acuan utama guru dalam mengajar sehingga membuat anak menjadi cepat bosan dan jenuh. Sensory Play  adalah permainan menyenangkan digunakan dalam pembelajaran yang dapat melatih anak dengan menggunakan satu indra atau lebih (penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecapan dan peraba). Permainan ini berguna untuk mendorong anak untuk belajar observasi, menstimulasi indra, dan membangun hubungan syaraf di otak. Saat stimulus masuk ke dalam otak anak, sistem syaraf kemudian akan memprosesnya dengan menghasilkan sebuah sensasi yang mendorong indra anak bergerak. Pembelajaran di luar kelas merupakan suatu kegiatan di luar kelas yang menjadikan pembelajaran di luar kelas menarik dan menyenangkan, serta lebih menyatu dengan alam, yang berarti anak akan memperoleh kesempatan untuk mengobservasi, memperoleh informasi atau mengkaji segala sesuatu secara langsung. Selain itu, belajar secara nyata diluar kelas, dapat lebih menstimulasi fisik dan emosi. Meningkatnya rasa percaya diri, dan juga juga dapat membawa mereka pada perasaan mencintai tempat yang berada dalam lingkungan anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 1, 2021
How to Cite
MUNZILIN, Ika Ainun et al. MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK DENGAN PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS MELALUI PENERAPAN “SENSORY PLAY” DI KB PUSPA GIRI INDRO. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 647-657, mar. 2021. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/2343>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i1.2343.