OPTIMALISASI POTENSI HOME INDUSTRI DAN MENINGKATKAN KUALITAS SUMBERDAYA MANUSIA DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI DESA KARANGSEMANDING, BALONGPANGGANG – GRESIK

  • Roziana Ainul Hidayati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Lokasi Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Gresik ditempatkan di Desa Karangsemanding, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik. Masyarakat Desa Karangsemanding ini terdiri dari masyarakat yangmayoritas penduduknya sebagai petani, Home Industri pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM) dan karyawan-karyawan pabrik Dari hasil survey dan observasi yang dilakukan dapat kami ambil beberapa sektor penting bahwa di lingkungan masyarakat ini masih memerlukan pembenahan  baik dari sektor fisik maupun non fisik. Wujud bantuan tersebut dengan memberikan sosialisasi mengenai Pengolahan Kangkung Menjadi Produk jadi berupa Stick Kangkungyang bahan utamanya adalah Kangkung. Adapun program tersebut yaitu Program Sosialisasi pengelolahan Home Industri Limbah Organik Kangkung ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan tentang pentingnya inovasi dalam dunia wirausahakepada masyarakat khususnya Ibu-ibu PKK Desa Karangsemanding  Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 2, 2020
How to Cite
AINUL HIDAYATI, Roziana et al. OPTIMALISASI POTENSI HOME INDUSTRI DAN MENINGKATKAN KUALITAS SUMBERDAYA MANUSIA DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI DESA KARANGSEMANDING, BALONGPANGGANG – GRESIK. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 616-620, dec. 2020. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/2060>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i4.2060.