PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI OLAHAN KERUPUK SEBAGAI PENGGERAK EKONOMI DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL STUDI KASUS DESA BANJARMADU, KECAMATAN KARANGGENENG, KABUPATEN LAMONGAN

  • Indra Gita Anugrah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Kegiatan seminar kewirausahaan diadakan dengan tujuan memberikan wawasan dan motivasi akan pentingnya berwirausaha sejak dini. Dengan diadakannya seminar kewirausahaan diharapkan para generasi milenial dapat berperilaku produktif. Selain itu, diadakan kegiatan sosialisasi pembuatan kerupuk yang bertujuan untuk menciptakan inovasi olahan kerupuk. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 22 Juli dan selesai pada tanggal 30 Agustus 2019. Minimnya pemberdayaan sumber daya manusia yang ada di Desa Banjarmadu menjadi dasar dan landasan bagi kami untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Sehubungan dengan itu, kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan para generasi milenial dan masyarakat sekitar tentang berwirausaha, khususnya pada era saat ini. Dalam pelaksanaan kegiatan ini kami menggunakan metode observasi lingkungan sekitar desa dan melakukan wawancara dengan perangkat desa beserta warga sekitar. Hasil dari observasi dan wawancara kemudian diimplementasikan dalam bentuk seminar dan sosialisasi. Kegiatan yang kami praktikkan adalah cara pengolahan nasi menjadi kerupuk. Hasilnya adalah UKM kerupuk memiliki inovasi olahan kerupuk, yang awalnya hanya memproduksi kerupuk bawang kini juga memproduksi kerupuk gendar. Dengan adanya inovasi olahan kerupuk, UKM kerupuk memiliki peluang untuk meningkatkan pendapatan kemudian mendayagunakan peluangĀ  usaha untuk menciptakan peluang kerja baru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 2, 2020
How to Cite
ANUGRAH, Indra Gita et al. PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI OLAHAN KERUPUK SEBAGAI PENGGERAK EKONOMI DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL STUDI KASUS DESA BANJARMADU, KECAMATAN KARANGGENENG, KABUPATEN LAMONGAN. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 590-597, dec. 2020. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/2057>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i4.2057.