PEMANFAATAN POTENSI DESA MELALUI BUAH SEMANGKA SEBAGAI OLAHAN YANG INOVATIF DALAM ASPEK PEREKONOMIAN DESA LATUKAN KECAMATAN KARANGGENENG, LAMONGAN

  • Darmawan Aditama Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Secara keadaan umum desa luas wilayah Desa Latukan menurut penggunaan pemukiman = 53,591 ha, pertanian sawah = 92,112 ha & 288,340 ha. Dengan curah hujan 1324 mm dengan ketinggian permukaan laut 4 meter dan topografi atau bentang lahan untuk daratan 484956 ha. Secara umum mata pencaharian warga Desa Latukan teridentifikasi ke dalam beberapa sektor  yaitu petani, pedagang, pekerja TKI, dan sektor industri. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan dan demonstrasi pengolahan buah semangka sebagai olahan yang inovatif dimana buah semangka sendiri sudah menjadi ciri khas Desa Latukan Kecamatan karanggeneng, Lamongan. Manfaat yang diperoleh adalah masyarakat menjadi mengetahui khasiat dari buah semangka terhadap tubuh manusia terutama pada warga Desa Latukan.  Hasil dari program kerja yang diadakan oleh program studi Teknik Industri kelompok 5 dengan melaksanakan pembuatan Ice Cream semangka dapat membantu meningkatkan tingkat perekonomian desa dan pemerintah desa dapat melakukan peninjauan mendalam mengenai home industry sehingga dapat memberikan kemajuan dan keuntungan bersama baik untuk masyarakat maupun pemerintah desa khususnya Desa Latukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 2, 2020
How to Cite
ADITAMA, Darmawan et al. PEMANFAATAN POTENSI DESA MELALUI BUAH SEMANGKA SEBAGAI OLAHAN YANG INOVATIF DALAM ASPEK PEREKONOMIAN DESA LATUKAN KECAMATAN KARANGGENENG, LAMONGAN. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 566-573, dec. 2020. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/2054>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i4.2054.