PENERAPAN MASSASE UNTUK MENCEGAH KETERLAMBATAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA BAYI USIA 0-12 BULAN DI DESA JATIKALANG KEC. PRAMBON KAB. SIDOARJO

  • Siti Mudlikah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Siti Hamida Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nyimas Ainul Mala Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Perkembangan motorik kasar bayi terjadi secara bertahap sesuai usia bayi, perkembangan motorik kasar dipengaruhi salah satunya stimulasi/rangsangan dari luar semakin baik stimulasi yang diterima bayi akan semakin baik kemampuan perkembangan motoric kasar bayi seperti kemampuan mengangkat kepala, duduk, dan berjalan. Keterlambatan perkembangan motoric kasar berdampak menyebabkan gangguan pada gerak, bahasa sosial-emosional dan koqnitif. untuk mencegah ketelambatan perkembangan motoric kasar dapat dilakukan beberapa stimulasi salah satunya dengan massage bayi. Tujuan dari penerapan massage bayi untuk memberdayakan ibu yang memiliki balita mampu melakukan massage bayi secara mandiri untuk mencegah keterlambatan perkembangan motoric kasar bayi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 21, 2020
How to Cite
MUDLIKAH, Siti; HAMIDA, Siti; MALA, Nyimas Ainul. PENERAPAN MASSASE UNTUK MENCEGAH KETERLAMBATAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA BAYI USIA 0-12 BULAN DI DESA JATIKALANG KEC. PRAMBON KAB. SIDOARJO. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 463-471, aug. 2020. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/1650>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i3.1650.