PELATIHAN PENGAJARAN EKSTRAKURIKULER BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN “VOCABULARY GAMES” DI SDN MADURESO, DAWAR BLANDONG, MOJOKERTO

  • Prativi Khilyatul Auliya Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Tri Yuli Ardiyansah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Riska Widiyanita Batubara Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Pelatihan pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar dengan menerapkan “Vocabulary Games” atau permainan kosa kata. Banyak guru kelas di Sekolah Dasar menghadapi kesulitan dalam memotivasi siswa untuk belajar Bahasa Inggris, terutama karena Bahasa Inggris telah dihapus sebagai mata pelajaran wajib dalam Kurikulum 2013. Selain itu, guru kelas hanya memiliki pengalaman terbatas dalam mengikuti beberapa kegiatan pelatihan tentang pengajaran Bahasa Inggris karena fokus mereka adalah mengajar semua mata pelajaran. Program pelatihan ini dilakukan di SDN Madureso, Dawar Blandong, Mojokerto. Hasil implementasi “Vocabulary Games” menunjukkan respon positif dari para guru. Meskipun tidak memiliki kesempatan untuk mengimplementasikan program dalam proses belajar mengajar di kelas karena wabah COVID-19, modul berhasil dibuat dan guru menunjukkan respon positif terhadap konten dan “Vocabulary Games” yang terintegrasi dengan materi pembelajaran. Para guru percaya bahwa mengajar Bahasa Inggris menggunakan “Vocabulary Games” dapat menjadi cara yang efektif untuk menarik perhatian dan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 21, 2020
How to Cite
AULIYA, Prativi Khilyatul; ARDIYANSAH, Tri Yuli; BATUBARA, Riska Widiyanita. PELATIHAN PENGAJARAN EKSTRAKURIKULER BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN “VOCABULARY GAMES” DI SDN MADURESO, DAWAR BLANDONG, MOJOKERTO. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 456-462, aug. 2020. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/1649>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i3.1649.