PEMANFAATAN POTENSI DESA MELALUI BUAH SEMANGKA SEBAGAI ALTERNATIF DALAM ASPEK PEREKONOMIAN DESA TENGGOR KECAMATAN BALONGPANGGANG

  • Rahmat Agus Santoso

Abstract

Secara Geografis Desa Tenggor merupakan desa dalam wilayah Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik. Desa Tenggor terdiri atas 2 dusun yaitu Dusun Tenggor dan Dusun Mbangle. Desa tersebut merupakan Wilayah Tengah Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur dalam naungan Negara kesatuan Republik Indonesia. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan dan sosialisasi pengolahan daging buah semangka yang gagal panen dan kulit semangka sebagai makanan yang bisa dijadikan ciri khas Desa Tenggor Kecamatan Balongpanggang, Gresik. Hasil dari program kerja di Desa Tenggor dengan melaksanakan pembuatan selai semangka dan pudding semangka dapat membantu meningkatkan tingkat perekonomian desa dan pemerintah desa dapat melakukan peninjauan mendalam mengenai home industry sehingga dapat memberikan kemajuan dan keuntungan bersama, baik untuk masyarakat maupun pemerintah dan juga diharapkan dengan adanya pelatihan tersebut, masyarakat Tenggor mampu membuat produk inovatif dari buah semangka yang gagal panen serta dapat mengetahui kiat-kiat mempromosikan produk melalui media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 4, 2020
How to Cite
SANTOSO, Rahmat Agus. PEMANFAATAN POTENSI DESA MELALUI BUAH SEMANGKA SEBAGAI ALTERNATIF DALAM ASPEK PEREKONOMIAN DESA TENGGOR KECAMATAN BALONGPANGGANG. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 370-380, june 2020. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/1434>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i2.1434.