SOSIALISASI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 SEBAGAI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MENGHADAPI ERA DIGITALISASI, DESA KEDUNGSUMBER KECAMATAN BALONGPANGGANG, KABUPATEN GRESIK

  • Rahmad Jumadi

Abstract

Desa Kedung Sumber merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Balongpanggang dengan memiliki empat dusun yaitu Dusun Kedungsumber Timur, Kedungsumber Barat, Gowah dan Kedung Watu. Mayoritas pekerjaan warga adalah petani sawah dan ladang, karena Desa Kedungsumber masih memiliki lahan persawahan dan ladang (kebun) yang masih luas. Kebiasaan masyarakat Desa Kedungsumber pada musim hujan adalah bertanam padi sedangkan pada musim kemarau mayoritas petani beralih menanam Kangkung. Kebanyakan Petani aktif di Desa Kedungsumber berusia lanjut dan masih mengunakan metode pertanian konvensional, sedangkan pemudanya lebih suka memilih menjadi karyawan swasta atau buruh pabrik dari pada menjadi petani, disini perlu adanya penyadaran masyarakat generasi milenial bahwa bertani akan lebih mudah dan produktif jika menggunakan metode pertanian modern. Oleh karena itu kelompok 9 KKN Tematik Prodi Teknik Industri berinisiatif mensosialisasikan materi terkait Revolusi Industri 4.0 yang berhubungan dengan permasalahan yang ada dimasyarakat Dusun Kedungsumber Barat Desa Kedungsumber dari sektor pertanian, sektor aktivitas sosial dan sektor wirausaha (UMKM) sebagai program mempersiapan masyarakat desa Kedungsumber menghadapi era Digitalisasi saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 4, 2020
How to Cite
JUMADI, Rahmad. SOSIALISASI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 SEBAGAI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MENGHADAPI ERA DIGITALISASI, DESA KEDUNGSUMBER KECAMATAN BALONGPANGGANG, KABUPATEN GRESIK. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 275-285, june 2020. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/1424>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i2.1424.